Pensiun, Aplikasi Cortana Tak Lagi Bisa Mengenali Musik yang Kamu Putar

Aplikasi Cortana – Dekatnya hubungan antara manusia dan musik memang tak bisa dipungkiri. Jatuh cinta, dengar musik. Patah hati, putar musik. Bosan, bahagia, kecewa, semua bisa diwakilkan dengan lagu yang kamu dengar. Membayangkan dunia ini tanpa alunan nada bisa terasa begitu membosankan. Sehari tanpa mendengarkan lagu saja sudah terasa hampa, apa jadinya jika musik tidak lagi eksis di dunia ini?

Begitu besarnya peran musik dalam kehidupan manusia. Well, pernahkah kamu mengalami sebuah kejadian di mana kamu tidak mengetahui lagu siapa yang sedang kamu dengarkan saat berada di mall atau kafe? Ada rasa penasaran yang muncul, apalagi jika lagu yang diputar cukup enak dan bisa langsung menancap di telinga dan juga ingatan. Rasanya gatal, ingin segera tahu siapa yang menyanyikan lagu enak ini. Wah, kalau saya sih sudah sering mengalami kejadian ini. Rasa penasarannya itu lho, nggak enak banget!

Aplikasi Cortana tidak Akan Membantu Kita Lagi

aplikasi cortana ini canggih 1

Dulu, pernah ada sebuah layanan bernama Cortana yang dengan sigap akan membantumu mengetahui lagu yang sedang terputar. Jadi dalam waktu singkat kamu bisa tahu, lagu siapa yang sebenarnya sedang terputar. Aplikasi Cortana ini adalah produk yang dimiliki oleh Microsoft lengkap dengan fitur pengenalan musik yang canggih.

Fitur ini bisa membuat Cortana mendengarnya dan semua informasi tentang lagu itu akan disuguhkan kepadamu. Termasuk, siapa penyanyi dan juga apa judul lagu tersebut. Dua hal yang sangat esensial untuk mengingat sebuah lagu. Adanya Cortana ini tentu akan membantu kan? Namun sayangnya, kini Cortana tak bisa bekerja lagi. Cortana dinyatakan pension, dan tidak dapat membantumu lagi.

Artikel Menarik : BOCOR, SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY S9 TERUNGKAP DI PASARAN!

Penyebabnya adalah Microsoft yang menyatakan telah menutup Groove Music miliknya, yang akhirnya berimbas pada hilangnya kemampuan mengenali musik yang dimiliki Cortana. Groove Music adalah ‘gudang’ lagu yang menjadi kamus bagi Cortana untuk mengenali beragam jenis lagu dan mendapatkan informasinya.

aplikasi cortana

Munculnya Spotify disinyalir menjadi alasan tutupnya Groove Music dan membuat layanan ini resmi ditutup akhir 2017 lalu. Tidak bisa dipungkiri Spotify begitu naik daun dan mempunyai banyak penggemar. Keunggulannya terbukti membuat satu ‘lawan’ tumbang dan terpaksa gulung tikar.

Cortana sendiri bekerja dengan cara menekan ikon music di antarmuka Cortana saat lagu sedang berputar. Cortana lalu akan mengidentifikasi lagu tersebut dari bank lagu yang ada di Groove Music dan menunjukkan kepadamu hasil yang relevan. Ketika bank musiknya resmi ditutup, maka secara pasti dipastikan Cortana pun pension dini. John Deakins selaku insinyur software di tim Cortana juga telah membenarkan adanya kabar ini. Mau tidak mau, kemampuan Cortana untuk mengenali musik pun tamat, karena ini adalah dampak dari penutupan layanan Groove Music.

Baca Juga : PUNYA NAMA TAPI TAK DIMINATI, PRODUK GOOGLE INI DINILAI GAGAL

Jika Anda tetap ngotot dan mencoba menggunakan Cortana, maka Anda hanya akan menemui informasi yang bertuliskan bahwa lagu belum dikenali ketika ikon pengenalan musik di Cortana Anda tekan. Pengguna Windows 10 pun tidak memiliki alternative lain, karena Shazam yang diunggulkan juga tersingkir dari Windows Maret tahun lalu. Kecil kemungkinan Shazam akan kembali lagi ke pemilik lamanya, Windows mengingat Apple telah mengakuisisi layanan ini.

Dampak yang begitu besar atas kehadiran Spotify ternyata juga cukup terasa bagi banyak pihak. Memang sih, di zaman digital seperti sekarang persaingan begitu ketat. Ibaratnya, yang terbaik, dialah yang akan bertahan. Rest In Peace, Cortana!

Leave a Reply